Total Tayangan Halaman

Jumat, 31 Januari 2014

Akibat kekurangan Vitamin D

Vitamin D adalah grup vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol. Penamaan ini berdasarkan International Union of Pure and Applied Chemist (IUPAC).Di dalam tubuh, vitamin ini banyak berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik. Vitamin ini banyak ditemukan pada jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. (Wikipedia)

Ada beberapa kontroversi mengenai vitamin D, beberapa ilmuan menganggap bahwa vitamin D bukan merupakan vitamin karena memiliki aktivitas yg sangat mirip dengan hormon. Tidak sepert vitamin-vitamin lain, vitamin D dapat disintesis oleh tubuh manusia dan hewan.

Akibat kekurangan vitamin D
Kekurangan vitamin D dalam tubuh akan mengakibatkan:
 1. Ricketsia, diderita oleh anak-anak yang ditandai oleh bengkoknya kaki sehingga berbentuk O.
 2. Tetan, suatu gejala yang ditandai dengan bengkoknya pergelangan tangan dan sendi akibat rendahnya    kalsium dalam serium karena kekurangan vitamin D atau rusaknya kelenjar para tiroid
 3. Osteomalacia, diderita oleh orang dewasa, juga dikenal sebagai Ricketsia orang dewasa, disebabkan kekurangan vitamin D dan kalsium.

Peranan vitamin D dalam tubuh:
Di dalam tubuh, vitamin D dapat membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D meningkatkan absorbsi kalsium di saluran pencernaan. Selain itu, vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker. Apabila terjadi defisiensi vitamin D, tubuh akan mengalami berbagai gangguan penyakit, antara lain osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit jantung, kanker payudara, dan kanker endometrium.
Molekul aktif dari vitamin D, yaitu kalsitriol, merupakan pemeran utama dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam tulang, fungsi otot, sekaligus sebagai immunomodulator yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan untuk melawan beberapa penyakit, termasuk diabetes dan kanker. Sumber utama vitamin D adalah kulit yang terpapar radiasi ultraviolet.
Di dalam tubuh, vitamin D diserap di usus dengan bantuan senyawa garam empedu.Setelah diserap, vitamin ini kemudian akan disimpan di jaringan lemak (adiposa) dalam bentuk yang tidak aktif.
Vitamin D dapat membantu tubuh untuk mengontrol kadar fosfat dan kalsium dalam tubuh manusia. Ketika tubuh kita kekurangan asupan vitamin D, maka secara otomatis dia tidak dapat mengontrol kadar pelepasan kalsium dan fosfat. Tubuh mungkin saja merangsang beberapa hormon untuk melepaskan kalsium dan fosfat dari tulang. Jika kandungan fosfat dan kalsum dalam tulang semakin berkurang, maka tulang kita dapat melemah dan melunak. Rakhitis dapat diidentifikasi dengan pemeriksaan menggunakan X-Ray pada tulang kaki. Penyakit rakhitis dapat disembuhkan dengan sangat cepat hanya dengan bantuan suplemen vitamin D yang dimasukkan secara oral. Ketika pemeriksaan Rakhitis, dokter akan memantau kadar 25-OH-D dalam plasma agar mereka dapat mengembalikannya ke keadaan normal. Penyakit rakhitis juga dapat disebabkan oleh kekurangan kalsium walaupun anak tersebut telah terpapar di bawah sinar matahari secara cukup. Bila memang disebabkan oleh kurangnya kadar kalsium, maka anak tersebut perlu mengkonsumsi suplemen kalsium dibarengi dengan suplemen vitamin D.

Sumber Vitamin D
 Sinar matahari adalah sumber utama untuk memproduksi vitamin D pada tubuh. Sinar Ultra violet pada matahari dapat meningkatkan produktivitas vitamin D pada jringan kulit. Pemaparan di bawah sinar matahari selama 15 menit sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kita. Vitamin ini juga bisa ditemui di beberapa bahan makanan seperti mackerel, sarden dan salmon. Mentega, susu, kuning telur, minyak hati ikan cod dan ikan yang banyak mengandung minyak juga merupakan sumber vitamin D yang sangat baik bagi tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar